Ini dia 3 Urutan Usia Terbaik untuk Akikah Pemberian Nama Bayi

Akikah identik dengan acara pemberian nama terhadap bayi muslim yang baru dilahirkan yang ditandai dengan pemotongan hewan seekor kambing bagi bayi perempuan serta dua ekor bagi bayi lelaki.

Usia bayi berapa harikah yang ideal untuk dilaksanakan aqiqah? Cek beragam informasi tentang kambing aqiqah depok.

Berdasarkan Ustad Riza Rahman Lc, terdapat 3 urutan terbaik umur bayi untuk dijalankan aqiqah atau pemberian nama. Urutan pertama yang terbaik adalah tatkala bayi berumur tujuh hari, kemudian 14 hari lalu 21 hari. Ini tiga umur yang tepat untuk dijalankan aqiqah.

Di hadapan jamaah Salat Magrib Masjid Al Jihad Banjarmasin, Riza menyebutkan tiga umur bayi itu bukan berarti antara tujuh hari sampai 21 hari tapi hanya terdapat tiga angka di antara angka tersebut.

Urutan umur ini, menurut Riza, diberi tahu Rasulullah SAW terhadap para sahabat. Berarti itulah tiga hari terbaik untuk bayi untuk diberi aqiqah cocok dengan usia hari.

Mayoritas (jumhur) ulama berkomitmen bahwa progres aqiqah ialah hari ketujuh dari kelahiran. Tiap-tiap ini berdasarkan sabda Nabi SAW, yang artinya, Berdasarkan anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ketujuh, serta dia dicukur, dan diberinama. (HR Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan disahihkan oleh Tirmidzi).

Penyembelihan aqiqah tidak semestinya orang tua, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah dalam hadis riwayat Imam Baihaqi. Penyelenggara penyembelihan atas Hasan dan Husein ialah Rasulullah SAW (kakek mereka).

Berdasarkan pendapat ulama zhahiriyah, akikah aturannya mesti dilaksanakan oleh ayah dan bunda si bayi. anggapan ketiga yang dipelopori oleh Al Laits bin Sa’d merupakan akikah mesti pada hari ketujuh, serta kewajiban itu gugur seandainya hari ketujuh berlalu.

Sehingga orangtua yang tak dapat mengaqiqahi buah hatinya pada hari ketujuh (karena tak sanggup), karenanya dia tak semestinya mengaqiqahi di hari atau bulan atau tahun-tahun berikutnya meskipun dia menjadi kaya pada saat itu.